Kamis, 21 Oktober 2010

INSTRUMEN KINERJA GURU

INSTRUMEN
PENILAIAN KINERJA GURU PROFESIONAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Nama Guru : ……………………………......
Nama Satuan Pendidikan : ..............................................
Kecamatan : ..............................................

No Aspek Indikator Skor
Skor Nilai
1 2 3 4 5
I Kompetensi Guru Merencanakan Pembelajaran

1. Menyusun Program Tahunan Pembelajaran
a. Program tahunan pembelajaran disusun sendiri (asli dalam bentuk print out yang mempunyai file atau tulisan tangan), yang lengkap dan runtut sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Program tahunan pembelajaran disusun dalam bentuk fotokopi, percetakan, atau mengunduh dari internet yang sudah diisi lengkap dan runtut
c. Program tahunan pembelajaran disusun dalam bentuk fotokopi, percetakan, atau mengunduh dari internet yang sudah diisi tetapi belum lengkap
d. Program tahunan pembelajaran disusun oleh percetakan atau fotokopi yang belum diisi
e. Tidak mempunyai program tahunan pembelajaran








4




3




2


1

0
2. Menyusun Program Semester Pembelajaran
a. Program semester pembelajaran disusun sendiri (asli dalam bentuk print out yang mempunyai file atau tulisan tangan), yang lengkap dan runtut sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Program semester pembelajaran disusun dalam bentuk fotokopi, percetakan, atau mengunduh dari internet yang sudah diisi lengkap dan runtut
c. Program semester pembelajaran disusun dalam bentuk fotokopi, percetakan, atau mengunduh dari internet yang sudah diisi tetapi belum lengkap
d. Program semester pembelajaran disusun oleh percetakan atau fotokopi yang belum diisi
e. Tidak mempunyai program semester pembelajaran








4




3




2


1

0
3. Menyusun Silabus
a. Silabus disusun sendiri (asli dalam bentuk print out yang mempunyai file atau tulis tangan) sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Silabus disusun oleh KKG sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran
c. Silabus disusun oleh percetakan, BSNP atau mengunduh dari internet sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran
d. Silabus tidak lengkap
e. Tidak mempunyai silabus





4

3


2
1
0
4. Menetapkan KKM untuk semua Kompetensi Dasar
a. KKM ditentukan berdasarkan 3 kriteria (kompleksitas, daya dukung, dan intake) untuk semua KD sekurang-kurangnya 5 mata pelajran
b. KKM ditentukan minimal 75% dari jumlah KD sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran
c. KKM ditentukan minimal 50% dari jumlah KD sekurang-kurangnya 5 mata pelajran
d. KKM ditentukan minimal 25% dari jumlah KD sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran
e. KKM belum ditentukan




4


3


2


1
0
5. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
a. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun sendiri (asli print out yang mempunyai file atau tulisan tangan), lengkap dan runtut sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun oleh KKG disertai catatan revisi, yang diisi lengkap, dan runtut.
c. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun oleh percetakan, atau mengunduh dari internet disertai catatan revisi, yang diisi lengkap, dan runtut.
d. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dalam bentuk fotokopi, percetakan, atau mengunduh dari internet tanpa disertai catatan revisi.
e. Tidak mempunyai rencana pelaksanaan pembelajaran







4


3




2



1

0
II Kompetensi Guru Melaksanakan
Penilaian
Pembelajaran 1. Melaksanakan Penilaian dari Aspek Tahap
a. Melaksanakan 4 tahap penilaian (4 x UH, 1 x UTS, 1 x UAS, 1 x UKK) dibuktikan dengan dokumen sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Melaksanakan 3 tahap penilaian dibuktikan dengan dokumen
c. Melaksanakan 2 tahap penilaian dibuktikan dengan dokumen
d. Melaksanakan 1 tahap penilaian dibuktikan dengan dokumen
e. Tidak melaksanakan ulangan





4

3

2

1
0

2. Melaksanakan Penilaian dari Aspek Jenis
a. Melaksanakan penilaian minimal 4 macam penilaian (tes tertulis, tes lisan, tes praktik, nontes) sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Melaksanakan penilaian minimal 3 macam penilaian
c. Melaksanakan penilaian minimal 2 macam penilaian
d. Melaksanakan penilaian minimal 1 macam penilaian
e. Tidak melaksanakan penilaian





4

3

2

1
0
III Kompetensi Guru
Membimbing dan Melatih Peserta Didik
a.Melaksanakan
Analisis
Hasil
Penilaian
1. Melaksanakan Analisis Hasil Penilaian dari Aspek Tahap Kegiatan
a. Melaksanakan analisis hasil penilaian 4 tahap (4 x UH, 1 x UTS, 1 x UAS, 1 x UKK) dibuktikan dengan dokumen analisis hasil penilaian sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Melaksanakan analisis hasil penilaian 3 tahap
c. Melaksanakan analisis hasil penilaian 2 tahap penilaian
d. Melaksanakan analisis hasil penilaian 1 tahap penilaian
e. Tidak melaksanakan analisis







4

3

2

1
0
2. Melaksanakan Analisis Hasil Penilaian dari Aspek Prosedur
a. Melaksanakan analisis hasil penilaian dengan 4 deskriptor (nama dan nilai siswa, KKM, nama siswa yang mendapat perbaikan, nama siswa yang mendapat pengayaan) sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Melaksanakan analisis hasil penilaian dengan 3 deskriptor
c. Melaksanakan analisis hasil penilaian dengan 2 deskriptor
d. Melaksanakan analisis hasil penilaian dengan 1 deskriptor
e. Tidak melaksanakan analisis hasil penilaian








4

3

2

1

0
JUMLAH
b.Melaksanakan
Program
Perbaikan
(remedial
teaching)
Pengayaan
(enrichment) 1. Melaksanakan Program Perbaikan dan Pengayaan dari Aspek Tahap Kegiatan
a. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan 4 tahap (4 x UH, 1 x UTS, 1 x UAS,1 x UKK) dibuktikan dengan dokumen perbaikan pengayaan sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan 3 tahap
c. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan 2 tahap
d. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan 1 tahap
e. Tidak melaksanakan program perbaikan dan pengayaan





4

3

2

1

0
2. Melaksanakan Program Perbaikan dan Pengayaan dari Aspek Prosedur
a. Melaksanakan perbaikan dan pengayaan dengan 4 deskriptor (nama siswa, bukti fisik kegiatan perbaikan, bukti fisik kegiatan pengayaan, perolehan nilai perbaikan/pengayaan) sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran (guru kelas) dan atau mata pelajaran yang diampu (guru mata pelajaran)
b. Melaksanakan perbaikan dan pengayaan dengan 3 deskriptor
c. Melaksanakan perbaikan dan pengayaan dengan 2 deskriptor
d. Melaksanakan perbaikan dan pengayaan dengan 1 deskriptor
e. Tidak melaksanakan perbaikan dan pengayaan









4

3

2

1

0
c.Melaksanakan
Program
Ekstrakurikuler 1. Kegiatan Esktrakurikuler (Aspek Program)
a. Memiliki program ekstrakurikuler dengan 4 deskriptor (Materi, penjadwalan , sasaran, tanda tangan pembina dan kepala sekolah)
b. Memiliki program ekstrakurikuler dengan 3 deskriptor
c. Memiliki program ekstrakurikuler dengan 2 deskriptor
d. Memiliki program ekstrakurikuler dengan 1 deskriptor
e. Tidak memiliki program ekstra- kurikuler dan tidak melaksanakannya



4

3

2

1

0
2. Kegiatan Esktrakurikuler dari Aspek Pelaksanaan
a. Memiliki kelengkapan data kegiatan ekstrakurikuler meliputi 4 dokumen (bukti pelaksanaan berupa jurnal kegiatan, bukti pelaksanaan berupa daftar hadir peserta didik, daftar hadir pembina, dan bukti hasil penilaian)
b. Memiliki kelengkapan data kegiatan ekstrakurikuler meliputi 3 dokumen
c. Memiliki kelengkapan data kegiatan ekstrakurikuler meliputi 2 dokumen
d. Memiliki kelengkapan data kegiatan ekstrakurikuler meliputi 1 dokumen
e. Tidak memiliki kelengkapan data kegiatan ekstrakurikuler






4

3

2

1

0
IV Kompetensi Guru Melaksanakan
Administrasi
Kelas










1. Memiliki Kelengkapan Data Administrasi Peserta Didik
a. Memiliki kelengkapan data administrasi peserta didik minimal 9 macam (data kelas, buku induk, buku klaper, rapor, papan absen, papan data, daftar piket, jadwal pelajaran, tata tertib siswa)
b. Memiliki kelengkapan data administrasi peserta didik 7-8 macam
c. Memiliki kelengkapan data administrasi peserta didik 5-6 macam
d. Memiliki kelengkapan data administrasi peserta didik 3-4 macam
e. Memiliki kelengkapan data administrasi peserta didik 1-2 macam






4

3

2

1

0
2. Memiliki Kelengkapan Data Sarana Prasarana Kelas
a. Memiliki kelengkapan data sarana prasarana kelas minimal 4 macam (kartu inventaris ruang (KIR), mempunyai sudut baca/perpustakaan kelas, hasil karya siswa (fortofolio), dan papan pajangan)
b. Memiliki kelengkapan data sarana prasarana 3 macam
c. Memiliki kelengkapan data sarana prasarana 2 macam
d. Memiliki kelengkapan data sarana prasarana 1 macam
e. Tidak memiliki kelengkapan data






4

3

2

1
0
V Kompetensi Sosial a. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 33 s.d 40
b. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 25 s.d 32
c. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 17 s.d 24
d. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru
9 s.d 16
e. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru
0 s.d 8
4

3

2

1

0









VI Kompetensi Kepribadian a. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 39 s.d 48
b. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 29 s.d 38
c. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru 19 s.d 28
d. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru
9 s.d 18
e. Jika jumlah nilai jawaban kuesioner guru
0 s.d 8
4

3

2

1

0
VII Kompetensi menyusun RPP (form PBM 01) a. Jika jumlah nilai PBM 01 sebesar
26 s.d 32
b. Jika jumlah nilai PBM 01 sebesar
19 s.d 25
c. Jika jumlah nilai PBM 01 sebesar
13 s.d 18
d. Jika jumlah nilai PBM 01 sebesar
7 s.d 12
e. Jika jumlah nilai PBM 01 sebesar
0 s.d 6
4

3

2

1

0
VIII Kompetensi Praktik Pembelajaran bidang Standar Proses (form PBM 02) a. Jika jumlah nilai PBM 02 sebesar
20 s.d 24
b. Jika jumlah nilai PBM 02 sebesar
15 s.d 19
c. Jika jumlah nilai PBM 02 sebesar
10 s.d 14
d. Jika jumlah nilai PBM 02 sebesar
5 s.d 9
e. Jika jumlah nilai PBM 02 sebesar
0 s.d 4
4

3

2

1

0
IX Kompetensi Praktik Pembelajaran bidang Pengelolaan Kelas (form PBM 03) a. Jika jumlah nilai PBM 03 sebesar
20 s.d 24
b. Jika jumlah nilai PBM 03 sebesar
15 s.d 19
c. Jika jumlah nilai PBM 03 sebesar
10 s.d 14
d. Jika jumlah nilai PBM 03 sebesar
5 s.d 9
e. Jika jumlah nilai PBM 03 sebesar
0 s.d 4
4

3

2

1

0
Wawancara

Jombang, .....................................................

Penilai / Pengawas TK/SD



......................................................................
: NIP










































REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Nama Guru :...........................................................
Guru Kelas/ Matpel. : ........................................................
Nama Satuan Pendidikan :..........................................................
Kecamatan :..........................................................
No Aspek Responden
Nilai Bobot Nilai Akhir
I Guru Merencanakan Pembelajaran (Dokumen)
a. Menyusun prota pembelajaran
b. Menyusun promes pembelajaran
c. Menyusun silabus
d. Menetapkan KKM tiap KD
e. Menyusun RPP
4
4
4
4
4
5
5
5
5
12
20
20
20
20
48
JUMLAH 128
II Guru Melaksanakan Penilaian Pembel.
a. Melaksanakan penilaian (tahap)
b. Melaksanakan penilaian (jenis)
4
4
12
8
48
32
JUMLAH 80
III Guru Membimbing dan Melatih Peserta Didik
a. Melaksanakan analisis hasil penilaian dari aspek tahap kegiatan
b. Melaksanakan analisis hasil penilaian dari aspek prosedur
c. Melaksanakan perbaikan/pengayaan dari aspek tahap kegiatan
d. Melaksanakan perbaikan/pengayaan dari aspek prosedur
e. Kegiatan esktrakurikuler dari aspek program
f. Kegiatan esktrakurikuler dari aspek pelaksanaan

4

4

4

4
4
4

5

5

5

5
5
5

20

20

20

20
20
20
JUMLAH 120
IV Guru Melaksanakan Administrasi Kelas
a. Memiliki kelengkapan data administrasi siswa
b. Memiliki kelengkapan data sarana prasarana 4

4 5

5 20

20
JUMLAH 40
V Kompetensi Sosial Guru 4 12 48
JUMLAH 48
VI Kompetensi Kepribadian Guru 4 12 48
JUMLAH 48
VII Guru Merencanakan Pembelajaran (pengamatan)
Kemampuan menyusun RPP sesuai dengan kriteria standar proses (PBM 01) 4 9 36
JUMLAH 36
VIII Guru Melaksanakan Pembelajaran (pengamatan)
Kemampuan melaksanakan pembelajaran berdasarkan standar proses ( PBM 02)

4

50

200
JUMLAH 200
IX Guru Melaksanakan Pembelajaran (pengamatan)
Kemampuan melaksanakan pembelajaran berdasarkan pengelolaan edukatif (PBM 03) 4 25 100
JUMLAH 100
X Kedisplinan (Wawancara) 10 20 200
JUMLAH 200
JUMLAH I s.d. IX 1000
Penilai /Pengawas TK/SD
……………..............................
NIP:

BERITA ACARA PENILAIAN KINERJA GURU

SATUAN PENDIDIKAN :.................................................
KECAMATAN :.................................................

Pada hari ini …………..tanggal ………….......bulan……………..tahun dua ribu sepuluh,
mulai pukul ……………sampai dengan pukul ………………..telah diadakan Penilaian Kinerja Guru, atas nama :
Nama : ………………………………….
NIP : …………………………………..
Pangkat/Gol. : ………………………………….
Unit Kerja : ………………………………….
Masa kerja guru (berdasarkan SK) : …… th ............... bl
Masa kerja keseluruhan : ........ th .............. bl
Dengan responden masing-masing:
1. Kepala Sekolah
2. dua orang guru satu sekolah
Demikian berita acara ini dibuat, sebagai bukti telah dilaksanakannya penilaian kinerja guru yang bersangkutan.


Kepala Sekolah Guru yang Dinilai

…………………………… ………..……………………..
NIP: NIP:

Penilai /Pengawas TK/SD

……………………….
NIP:

NB:
1. Dibuat rangkap 2 (satuan pendidikan dan dinas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar